Tips Mudah dan Praktis Menjalankan SEO

 




SEO memang bukanlah sesuatu mudah untuk dipelajari. Mungkin kita merasa telah mengikuti dan menerapkan berbagai panduan SEO namun tetap belum mendapatkan hasil traffic organik yang memuaskan.

Algoritma pencarian Google sering kali mengalami perubahan dan dirancang sedemikian rupa guna menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan apa yang pengunjung inginkan atau cari.

Oleh sebab itu, sebagai pembuat konten sangat penting untuk memahami intensi pencarian dari kata kunci yang digunakan penggunjung.

Dalam SEO, perlu dilakukan eksperimen terus menerus untuk dapat menemukan formulasi teknik atau strategi SEO yang dapat dengan efektif membantu meningkatkan traffic organik.

Di artikel kali ini kami akan memaparkan beberapa tips praktis menjalankan SEO yang bisa anda terapkan untuk memperbaiki strategi SEO agar lebih efektif.

1. Optimasi Featured Snippets pada SERP

SERP (Search Engini Position) memiliki Featured snippets yang berfungsi sebagai bagian dimana Google menampilkan jawaban langsung dari query yang dimasukkan sehingga pencari tidak perlu melihat halaman lain untuk menemukan informasi yang dinginkan.

Featured snippet terletak di bagian paling atas pencarian sehingga mendapatkan posisi di bagian featured snippet akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan pencarian organik.

Untuk dapat muncul di bagian featured snippet, buatlah konten yang menjawab pertanyaan spesifik dari user. Konten yang Anda buat harus relevan secara semantik dengan keyword yang digunakan dalam pencarian.

 

2. Menganalisa SERPs

Pemahaman intensi pencarian tersebut bisa Anda dapatkan dengan menganalisa halaman pencarian Google pada kata kunci tertentu misalnya kata kunci mantul88 dan menganalisa informasi apa yang sekiranya diinginkan user dari penggunaan kata kunci tersebut.

Beberapa hal penting yang diperhatikan dalam menganalisa halaman pencarian antara lain:

  • Fitur pencarian (featured snippet, fitur lokasi, knowledge pack, image pack, dll.)
  • Tipe konten yang muncul di peringkat atas (product pages, listicles, tutorial, dll.)
  • Website yang muncul di peringkat atas (database, bisnis, media, direktori, dll.)
  • Tampilan page Anda (title, meta description, tanggal, jump link, dll.)

Jangan lupa untuk menggunakan window incognito, menghapus cache, cookies, history pencarian, dan lakukan pencarian menggunakan desktop juga mobile dalam melakukan tips SEO ini.

 

3. Lakukan SERP Overlap Test

Dua keyword dikatakan overlap jika tampilan hasil pencarian keduanya relatif sama, sehingga Anda dapat menggunakan dua keyword tersebut untuk mengembangkan satu konten.

SERP (Search Engine Result Page) overlap test merupakan serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui keterhubungan antar beberapa keywords.

 

Berikut beberapa tahap yang bisa Anda ikuti untuk melakukan SERP overlap test:

Melakukan pencarian lewat window incognito pada keyword A dan keyword B.

Jika tampilan SERP kedua keyword tersebut cenderung berbeda (misalnya ranking 1 di SERP keyword A berada di ranking 9 SERP keyword B), maka Google menganggap dua keyword tersebut memiliki intensi pencarian yang berbeda.

Sebaliknya, jika tampilan SERP kedua keyword relatif serupa, maka Google menganggap dua keyword tersebut memiliki intensi pencarian yang sama.

Maka pastikan deskripsi yang Anda hadirkan sebagai jawaban dari pertanyaan keyword tersebut sudah tepat.

 

4. SEO On-Page 

On-page SEO adalah proses mengoptimasi page Anda agar mendapatkan ranking lebih baik pada search engine.

Melakukan on-page SEO sangat diperlukan untuk memberikan sinyal kepada search engine bahwa page Anda memiliki informasi yang dibutuhkan oleh pencari.

Komentar

Postingan Populer