7 Skill Penting untuk menjadi SEO Specialist

 


Untuk menjadi spesialis SEO yang sukses, Anda perlu menguasai berbagai Skill penting dan khusus yang diperlukan untuk pekerjaan ini.

Di bidang SEO yang semakin populer, pekerjaan spesialis SEO menjadi semakin populer di kalangan bisnis.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation atau optimasi mesin pencari. SEO bertujuan untuk mengoptimalkan situs web agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian. Jika situs web Anda berada di urutan teratas hasil pencarian, orang lain dapat dengan mudah menemukan situs web Anda.

Sementara itu SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. SEM bertujuan untuk penggunaan iklan untuk mengoptimalkan situs web Anda agar muncul di mesin pencari. Dengan kata lain, menerapkan SEM memerlukan trik untuk mempromosikan situs web Anda dengan benar menggunakan berbagai metode seperti pay per click (PPC) atau bayar per klik. Jelas bahwa penerapan metode ini juga membutuhkan biaya.

Untuk menjadi seorang profesional yang berkarir di bidang SEO, maka diperlukan beberapa skill. Berikut jenis-jenis skill yang penting agar menjadi seorang SEO spesialis.

1. Analisis

Skill pertama dan terpenting yang harus dimiliki seorang spesialis SEO adalah analisis. SEO spesialis yang profesional perlu memahami proses pengumpulan dan analisis data.

Mampu menganalisa data tentunya memudahkan dalam mempersiapkan strategi SEO yang tepat untuk meningkatkan trafik website Anda secara organik. Ada beberapa cara untuk meningkatkan Skill analitis Anda.

2. Riset

Untuk menjadi seorang SEO spesialis, profesi ini membutuhkan Skill penelitian yang baik serta menganalisis data. Ini karena pekerjaan apa pun yang dilakukan spesialis SEO harus diteliti terlebih dahulu.

Misalnya, riset keyword, riset kompetitor, hingga riset tren yang sedang terjadi. Riset yang menyeluruh tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan eksperimen untuk meningkatkan traffic website Anda.

3. Berpikir Kritis

Skill ini sangat penting bagi semua pekerja, terutama mereka yang ingin menjadi spesialis SEO yang dapat dipercaya. Menurut Search Engine Journal, ada beberapa dasar yang perlu dipertimbangkan oleh spesialis SEO.

Misalnya, apa yang sedang terjadi dalam sebuah tren, mengapa tren itu berkembang, dan bagaimana hal itu memengaruhi lalu lintas situs web. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini membutuhkan Skill berpikir kritis dan keras untuk menentukan strategi SEO yang tepat.

4. Dasar Koding

Agar sukses menjadi seorang spesialis SEO, Anda juga perlu memahami dasar-dasar coding. Anda tidak harus memahami semua bahasa pemrograman, tetapi setidaknya Anda harus memahami dasar-dasar pemrograman.

Sebagai spesialis SEO, Anda mungkin perlu memahami sederet kode untuk mengetahui cara mengoptimalkan situs web Anda. Ini adalah jenis Skill teknis yang dapat dipelajari kapan saja. Jadi jangan khawatir tentang satu kemampuan itu.

5. Manajemen Waktu

Skill berikutnya yang harus dimiliki seorang spesialis SEO adalah manajemen waktu. Ada juga alasan mengapa Anda membutuhkan kemampuan ini.

Menurut Highervisibility, pekerjaan profesi ini lebih dari sekadar membangun link, mempercepat situs Anda, dan menemukan kata kunci populer. Anda juga harus merencanakan apa yang perlu dilakukan, memenuhi tenggat waktu, dan memimpin tim. Untuk itu diperlukan kemampuan manajemen waktu yang baik.

6. Pengambilan Keputusan

Kemampuan mengambil keputusan atau decision making merupakan soft skill yang tak kalah penting.  SEO itu adalah hal dinamis. Google biasanya memberikan informasi terkini tentang algoritmenya, jadi spesialis SEO perlu memahaminya dan membuat keputusan dengan cepat.

Agar situs web Anda terus berkembang meskipun ada perubahan yang dibuat oleh Google, Anda perlu membuat keputusan yang tepat. Oleh karena itu, spesialis SEO harus dapat mengambil keputusan cepat dalam menghadapi tren yang berubah.

7. Dasar Menulis

Keterampilan menulis tidak hanya untuk content writer atau copywriter. Ternyata, sorang spesialis SEO juga membutuhkan keahlian yang satu ini. Jika Anda ingin sukses di bidang SEO, Anda membutuhkan keterampilan menulis yang baik.

Dengan mengoptimalkan konten akan dapat mengoptimalkan website anda mesin pencari. Memahami dasar-dasar menulis akan membantu Anda menyiapkan konten yang lebih menarik bagi pembaca Anda. Anda dapat meningkatkan keterampilan menulis Anda dengan sering membaca dan berlatih.

Komentar

Postingan Populer