Ciri-ciri Artikel Seo Friendly yang Perlu Diketahui

Kegiatan tulis menulis yang dilakukan oleh seorang content writer tidak terlepas dari aktivitasnya menulis artikel. Di antara banyaknya jenis artikel, artikel SEO friendly menjadi salah satu sorotan penting di tengah gejolak bisnis digital.

Artikel SEO friendly merupakan jenis artikel yang penulisannya tidak bisa asal-asalan. Diperlukan beberapa kriteria khusus dan content writer yang wajib memahami apa saja ciri-cirinya.

Lantas, apa saja sih ciri-ciri dari artikel SEO friendly? Ingin tahu? Yuk, ikuti penjelasan berikut ini!

1. Mengandung Kata Kunci dengan Target Tertentu

Salah satu ciri khas artikel SEO friendly adalah memiliki kandungan kata kunci atau keyword. Keyword atau kata kunci berperan penting untuk mengarahkan pembaca ke tulisan yang dibikin. Namun, untuk memasukkan kata kunci atau keyword tidak asal-asalan yah. Ada teknik dan ketetapannya.

Untuk membuat keyword, penulis wajib melakukan penelitian lebih dulu. Hal ini merupakan cara untuk ketahui keyword yang kerap dicari oleh pembaca atau pemakai. Dengan masukkan keyword yang kerap dicari oleh pembaca, maka tulisan kamu berpotensi besar dibaca oleh banyak orang.

2. Memiliki Aturan Jumlah Penggunaan Kata Kunci

Ciri-ciri selanjutnya adalah memiliki aturan dalam penggunaan kata kunci. Keyword yang telah ditetapkan tidak dicatat asal-asalan, ya. Tapi tetap memerhatikan banyaknya. Hal ini malah akan menahan tulisan kita teridentifikasi oleh mesin perayap sebagai artikel stuffing atau bahkan juga spamming. Ini tidak baik untuk tulisan SEO friendly, ya guys.

Ketentuan jumlah keyword yang benar ialah jangan lebih dari 1,5% dari keseluruhan kata yang akan dicatat. Misalkan kamu menulis sebuah tulisan sekitar 500 kata, karena itu jumlah keyword yang ada seharusnya minimum 5 dan optimal 7 kali.

Salah satu ciri artikel seo-friendly ialah judul memiliki kandungan keyword. Hal ini berguna untuk mengetahui supaya keyword yang diketik oleh pemakai di internet langsung ke arah pada tulisan yang ada di website kita. Untuk menulis judul seharusnya tidak begitu pendek atau panjang.

3. Memiliki Jumlah Kata yang Cukup

Kemudian, memiliki jumlah kata yang cukup. Sebuah artikel SEO friendly sebaiknya menyuguhkan info secara baik, terang dan runtut.

Info yang dikatakan sebaiknya detil dan tidak tersisa pertanyaan di pikiran pembaca, karena tulisan mempunyai jumlah kata cukup.

Jumlah kata biasanya 500 atau 600 kata agar dapat menyuguhkan info secara jelas dan runtut. Pembaca tidak bertanya dan berasa bingung sesudah membaca tulisan kita.

4. Menggunakan Meta Deskripsi

Ciri berikutnya adalah menggunakan meta deskripsi. Meta deskripsi sebagai deskripsi singkat berkenaan isi tulisan yang ada di website. Meta deskripsi ada di bawah judul artikel yang berada di kolom penelusuran. Meta deskripsi sebagai gelaran promo untuk bikin pembaca ketarik dan siap mengeklik website itu.

Karena itu, biasanya deskripsi isi tulisan dibikin singkat dan terbagi dalam kalimat yang memikat. Deskripsi seharusnya tidak begitu panjang, optimal 160 watak.

5. Berbentuk Subheading atau Berbentuk Listicle

Terakhir, berbentuk subheading atau berbentuk listicle. Subheading atau listicle merupakan beberapa poin ulasan berkenaan isi tulisan. Hal ini benar-benar mempermudah pembaca tentang ulasan pada artikel.

Untuk panjang subheading biasanya minimum lima kata hiingga dibikin tidak begitu pendek agar pembaca tidak bingung dan malah multitafsir.

Oke sobat, itulah ciri-ciri artikel SEO friendly yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer