Keunggulan SEO vs SEM Dalam Menguntungkan Bisnis

 

Dalam membangun bisnis, pemasaran adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Memasarkan produk atau jasa yang kita jual akan lebih menguntungkan jikalau bisnis yang kita bangun dikenal banyak orang. di lain sisi, memasarkan produk yang kita jual cukup beragam caranya.

Salah satunya adalah onlinemarketing yang merupakan strategi pemasaran yang dengan memanfaatkan sistem digital dan jaringan internet. Hal ini bertujuan dengan harapan dapat menjangkau banyak orang dalam mengenal produk yang dipasarkan.

Jikalau berurusan dengan online marketing, hal yang pasti akan kalian temui adalah SEO dan SEM. Sudah pernah mengenal 2 hal in sebelumnya? Walaupun tampak berbeda, SEO dan SEM tidak memiliki perbedaan yang mendasar.

SEO merupakan tindakan untuk mengoptimalkan blog atau website. Hal itu dilakukan untuk memungkinkan mesin pencarian untuk menilai apakah blog atau website tersebut layak ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian atau justru tidak layak.

 Sedangkan SEM adalah bentuk pemasran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP).

Di saat mengembangkan bisnis dengan cara melakukan online marketing, kamu harus memperhatikan keunggulan mana yang dipunya SEO atau SEM yang dapat menguntungkan bisnismu.

Lalu, keunggulan metode mana yang akan kamu gunakan untuk menguntungkan bisnismu? Simak ulasan di bawah ini!!

Perbedaan SEO dan SEM

Adapun yang mencakup perbedaan antara SEO dan SEM meliputi:

- Target Audiens : Pengguna SEM dapat memilih target sesuai dengan kategori yang diinginkan seperti umur dan jenis kelamin. Sedangkan SEO tidak dapat mmilih target audiens.

- Kecepatan : Tidak adanya halaman yang akan muncul dipencarian dengan menggunakan kedua fitur ini.

- Jangka Waktu : SEO akan memberikan dampak yang cukup lama dibanding dengan SEM.

- Anggaran : SEM merupakan iklan berbayar dengan jangka waktu yang diinginkan, sedangkan SEO gratis.

- Potensi CTR (Click Through Rate) : Potensi SEO lebih besar dibanding dengan SEM.

Keunggulan dan Kelemahan Dalam Menggunakan SEO dan SEM

1. Search Engine Optimization (SEO)

Kredibilitas penggunaan SEO lbeih baik dibanding dengan artikel yang tidak berlabel iklan cenderung berpotensi mendapatkan klik dari pengguna. Hal itu dikrenakan informasi yang lebih lengkap sesuai dengan keinginan pencarinya.

Dengan begitu, terlihat jelas bahwa SEO merupakan cara organik untuk memaksimalkan pencarian dengan dana yang dikeluarkan lebih rendah.

Namun di satu sisi, ada beberapa hal yang membuat SEO tidak menarik untuk digunakan, seperti:

- Butuh waktu lama untuk memaksimalkan konten bisa mendapatkan peringkat teratas Harus pandai membidik keyword potensial yang sangat kompetitif.

- Backlink yang diperlukan adalah backlink reguler.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Penggunaan SEM dalam konten yang dioptimalisasi bisa saja muncul di atas dan di bawah, bedanya dengan SEO yaitu dilabeli iklan dan dengan proses lebih cepat. SEM juga dapat membantu membantu memilih target audiens yang cocok sesuai dengan konten yang akan dibuat.

Namun, SEM juga memiliki kekurangan seperti:

- Memerlukan budget yang besar.

- Mengharuskan Anda melakukan investasi untuk budget iklan secara berulang.

Untuk keperluan bisnis, SEM cocok untuk dijadikan iklan yang sangat menguntungkan, terlebih jikalau ada ketidakpahaman tentang optimasi mesin pencari seperti organik.

Nah, itu dia keunggulan SEO vs SEM yang harus kamu ketahui untuk menguntungkan bisnis. Semoga artikel ini membantu.

Komentar

Postingan Populer