Manfaat SEO Dan SEM Untuk Bisnis

Sebelum kalian mengetahui apa saja manfaat dari SEO dan SEM, Kalian juga perlu memahami apa itu SEO dan SEM. Keduanya memang merupakan strategi optimalisasi website untuk mendapatkan posisi teratas di Goggle. Namun, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang perlu anda pertimbangkan agar bisa memberikan hasil semaksimal mungkin.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan proses mengoptimasi sebuah webstie beserta konten yang ada didalamnya, agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian Umumnya SEO dipakai untuk platform mesin pencarian milik Google atau Google Search.

Sementara itu SEM atau Search Engine Marketing merupakan proses mengoptimasi website agar muncul dimesin pencarian dengan memanfaat iklan berbayar. Dengan kata lain, dalam penerapan SEM dibutuhkan trik mengiklankan website secara tepat menggunakan berbagai metode sperti PPC atau Pay Per Click dan sebagainya. Jelas dalam pemakain metode ini dibutuhkan biaya pula.

Nah setelah memahai apa itu SEO dan SEM. Selanjutnya mari kita bahas apa manfaat dari SEO dan SEM untuk bisnis Yang harus kamu ketahui.


Manfaat SEO Untuk Bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat SEO adalah meningkatkan brand awareness dari bisnis yang kalian jalani. Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek yang digunakan sebuah brand. Brand awareness mampu menciptakan kepercayaan klien, mendorong klien untuk loyal dengan produk atau jasa kamu.

2. Investasi jangka Panjang

Manfaat SEO selanjutnya adalah menjadi Investasi jangka Panjang, Jika kita menggunakan SEO secara konstan dan mengelolanya dengan baik. Hal tersebut akan membuahkan hasil yang positif , karena pencarian yang relavan sangat berpengaruh terhadap keputusan calon pembeli. Sehingga posisi  web bisa bertahan lama.

3. Target lebih jelas

Dengan menggunakan SEO kalian akan mendapatkan target audien tepat sasaran dan lebih jelas. Karean kalian dapat memanfaatkan kata kunci  berdasarkan tujuan audiens dalam menggunakan keyword. Hasilnya konten kalain akan berpeluang tampil dihadapan mereka.

4. Konversi dan penjualan meningkat

Strategi SEO yang tepat  akan menjangkau target audiens lebih luas. Hal ini lah yang akan meningkatkan konversi penjualan.

5. Memperkuat Kepercayaan Dan Kredibiltas

Banyak calon pelanggan lebih yakin dengan bran yang mudah ditemukan di mesin pencarian dari pada suli didapatkan pada Google. Dengan menggunakan SEO, visibiltas website mu akan meningkat di mesin pencarian. Sehingga akan memperkuat kepercayaan maupun kreadibiltas bisnismu.


Manfaat SEM Untuk Bisnis

1. Pencapaian target akan lebih mudah

Dengan menggunakan SEM pencapaian target akan lebih mudah, hal ini karena SEM berfokus terhadap target pemasaran. Perbedaan target yang lebih relevan dan spesifik akan membuat produk atau website lebih mudah dipromosikan. Kualitas traffic pun akan meningkat dan memberikan peluang keuntungan yang berlipat. Selain itu, cakupan pelanggan juga akan lebih luas sehingga tidak hanya terfokus pada satu titik, tetapi ke berbagai lokasi lainnya.

2. Meningkatkan Brand Awarness

Menurut riset Google, iklan di mesin pencarian dapat meningkatan brand awareness hingga 80%. Bahkan jika iklan kalian tidak mendapatkan klik, nama brand kalian masih terlihat jelas di SERP, dan audiens masih bisa membaca brand, produk, ataupun URL ketika mereka melihat iklan kalian di sana.

3. Efektif untuk pemasaran lokal

SEM sangat efektif digunakan untuk pemasaran lokal, pemasaran lokal ini bertujuan untuk menghubungkan bisnis dengan masyarakat sekitar yang dilayaninya.

4. Mendapatkan banyak keuntungan.

Banyak brand sering berpikir bahwa biaya SEM akan lebih besar dari pada manfaat yang diperoleh. Padahal jika SEM dikelola dengan benar, kalian dapat mengandalkan investasi yang telah dikeluarkan. Jadi tidak ada masalah ROI atau return on investment. Kalian juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk beriklan di mesin pencari dan tidak ada jumlah minimum untuk menjalankan iklan.

5. Biaya yang dapat disesuaikan

Kalian dapat menentukan biaya sesuai dengan kemampuan kalian, tapi perlu diintakan semakin banyak anggaran yang dikeluarkan maka semakin besar kesempatan anda mengalahkan kompetitor.

Demikianlah manfaat SEO dan SEM, kedua teknik pemasarn tersebutt sangatlah efektif tergantung bagaiman kebutuhan kalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan Populer