Perbedaan SEO dan SEM yang Wajib Kamu Pahami!

 


Dunia SEO memang sedang diminati banyak orang saat ini. Meskipun demikian, dunia SEO tidak bisa terlepas dari yang namanaya SEM. Apa itu SEM? Dan apa perbedaan dari SEO dan SEM? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Pernahkah kamu mendengar kata SEO atau SEM? Search Engine Optimization atay SEO adalah tindakan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat atas di dalam kolom pencarian. Jika hal itu terjadi, maka kemungkinan banyak orang akan mudah untuk menemukan website anda. Dan tentu jumlah klik di dalam website anda semakin besar.

Di sisi lain, SEM memiliki makna berbeda. SEM atau Search Engine Marketing adalah pengoptimasian website agar muncuk di mesin pencari dengan memanfaatkan fitur yang namanya iklan. Dengan kata lain, penerapan SEM membutuhkan trik tambahan seperti iklan agar website dapat naik atau muncul di dallam pencarian.

Untuk mengiklankan website sendiri dapat diperoleh dari beberapa cara, yakni Pay Per Click (PPC) dan sebagainya. Yang pasti, dalam menerapkan trik yang satu ini dibutuhkan biaya tertentu agar website dapat ditemukan dengan mudah.

Meskipun keduanya memiliki persamaan, yakni untuk menaikkan sebuah website agar mendapatkan pencarian nomor 1, namun sebenarnya SEO dan SEM memiliki banyak perbedaan. Dan perbedaan tersebut cukup jarang diketahui oleh banyak orang.

Nah, untuk mengetahui apa perbedaan dari kedua istilah ini, berikut kami berikan ulasan mengenai perbedaan SEO dan SEM yang wajib kamu ketahui.

1. Target Audiens

Perbedaan pertama dari SEO dan SEM adalah target audiens keduanya. SEM memiliki target audiens yang cukup banyak dan dapat dipilih oleh setiap pengguna, seperti jenis kelamin, umur, wilayah, dna masih banyak lagi. Dan lagi, target audiens dari SEM lebih terukur dibandingkan SEO dan dapat dilakukan saat melakukan setting iklan.

Sedangkan untuk SEO, kamu perlu menaikkan konte terlebih dahulu agar dapat dianalisis apakah isi konten kamu sesuai dengan target yang diharapkan. Jika tidak, maka kamu perlu mengoptimasikan konten di dalam website kamu selama berkali-kali.

2. Kecepatan

Sebenarnya, jika dilihat dari proses untuk menaikkan sebuah konten di dalam website, baik SEO atau SEM tidak langsung bisa muncul di halaman pertama. Meskipun demikian, kecepatan dari SEM lebih unggul dibanding SEO. Bahkan yang unik adalah, SEM dapat dimatikan prosesnya jika target sudah tercapai, dan bisa dihidupkan kembali setelah menentukan ulang audiens yang diinginkan.

3. Jangka Waktu

Perbedaan selanjutnya dari SEO dan SEM adalah, SEO memberikan dampak optimasi yang cukup lama dibandingkan dengan SEM yang dapat bertahan dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Artinya, iklan kamu akan berdurasi sesuai dengan jumlah yang kamu bayar. Namun SEO akan bertahan dengan waktu yang cukup lama sesuai dengan perkembangan.

Nah, itulah perbedaan SEO dan SEM yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Komentar

Postingan Populer